Padang

Padang itu kota terbesar di pesisir barat pulau Sumatera dan  padang adalah ibu kota provinsi Sumatera Barat, 
Sejarah kota padang itu begin……… masa kolonial Hindia-Belanda
                                                       Kota Padang pada masa Penjajahan Belanda
Kota Padang telah menjadi pelabuhan utama dalam perdagangan emas, teh, kopi, dan rempah-rempah. Awal abad ke-20,ekspor batu bara dan semen mulai dilakukan melalui Pelabuhan Teluk Bayur.
Nama kota ini menjadi sebutan lain untuk etnis Minangkabau, digunakan juga untuk menyebut masakan khas mereka, yang pada umumnya dikenal dengan nama Masakan Padang.. Makanan yang populer diantaranya 
seperti Gulai, Rendang, Ayam Pop, Terung Balado, Gulai Itik Cabe Hijau, Nasi Kapau, Sate Padang dan Karupuak
 Sanjai. Restoran Padang banyak terdapat di seluruh kota besar di Indonesia

Terong Balado







Ayam Pop
Suka masakan padang kan? Pasti suka dong.




Rendang

Sekarang kota Padang menjadi pusat perekonomian karena memiliki pendapatan per kapita tertinggi di Sumatera Barat,serta juga menjadi pusat pendidikan, dan kesehatan disebabkan jumlah perguruan tinggi dan fasilitas kesehatan yang ada di kota ini dibandingkan kota-kota lain di Sumatera Barat. Waaaaaah hebat juga ya....................

Geografi
Kota Padang terletak di pantai barat pulau Sumatera, luasnya keseluruhan kota Padang adalah 694,96 km² atau setara dengan 1,65% dari luas provinsi Sumatera Barat. Dari luas tersebut, lebih dari 60%, yaitu ± 434,63 km², merupakan daerah perbukitan yang ditutupi hutan lindung, sementara selebihnya merupakan daerah efektif perkotaan.
Kota Padang memiliki garis pantai sepanjang 84 km dan pulau kecil sebanyak 19 buah (diantaranya yaitu pulau Sikuai dengan luas 4.4 Ha di kecamatan Bungus Teluk Kabung, pulau Toran seluas 25 Ha dan pulau Pisang Gadang di kecamatan Padang Selatan). Daerah perbukitan membentang dibagian timur dan selatan kota. Bukit-bukit yang terkenal di kota Padang di antaranya adalah Bukit Lampu, Gunung Padang, Bukit Gado-Gado, dan Bukit Pegambiran.
                                                                ini namanya pulau sikuai
Wilayah daratan kota Padang ketinggiannya sangat bervariasi, yaitu antara 0 m sampai 1.853 m di atas permukaan laut dengan daerah tertinggi adalah kecamatan Lubuk Kilangan. Suhu udaranya cukup tinggi, yaitu antara 23 °C-32 °C pada siang hari dan 22 °C-28 °C pada malam hari, dengan kelembabannya berkisar antara 78%-81%. Kota Padang memiliki banyak sungai, yaitu 5 sungai besar dan 16 sungai kecil, dengan sungai terpanjang yaitu Batang Kandis sepanjang 20 km. Tingkat curah hujan kota Padang mencapai rata-rata 405,58 mm per bulan dengan rata-rata hari hujan 17 hari per bulan. Tingginya curah hujan membuat kota ini cukup rawan terhadap banjir, pada tahun 19802/3 kawasan kota ini pernah terendam banjir karena saluran drainase kota yang bermuara terutama ke Batang Arau tidak mampu lagi menampung limpahan air tersebut.

Alat Transportasi
Ini adalah salah satu angkot di Padang. Kalo di Jakarta mungkin sama kayak Mikrolet. Waktu di Padang gw pernah naik angkot ini. Di dalamnya berisik banget sama musik ajep ajep (read:disco). Itu bikin kuping budeeeeeeeeek. Tapi maksud simpunya itu mobil bukan buat penumpangnya budek, tapi mungkin maksunya buat menghibur atau engga menarik penumpang buat naik angkotnya yang udah kayak discotic 
berjalan -_____-
Ini namanya stasiun Tabing yang ada di Padang. Ada juga loh bandaranya, namanya Bandara Tabing. Tapi salah satu alat transportasi ini udah jarang banget dipake. Denger denger disana udah engga ada kereta lagi. Yang gw liat waktu itu, Rel rel kereta disana udah berkarat banget. Palang keretanya juga udah pada patah, bahkan udah engga ada. Padahal ya kalo masih ada keretanya, jalan kereta disana tuh ada yang ngelewatin pinggir air terjun, jembatan yang bawahnya tebing tebing terus ada sungainya juga. Pokoknya good looking deh. Tapi sayangnya udah engga keurus lagi. hmmmmmm lanjut ya.
Ini namanya Teluk Bayur. Ini juga salah satu sarana transportasi yang ada di kota pada. Biasanya mereka mencari ikan atau menyebrangi pulau di Teluk ini.




Pariwisata
Kota Padang terkenal akan legenda Siti Nurbaya dan Malin Kundang, dan saat ini kota Padang sedang berbenah ke arah pembangunan kepariwisataan.
Kota ini memiliki sebuah museum yang terletak di pusat kota yang bernama Museum Adityawarman

                                                             Museum Adityawarman.

Museum ini mengkhususkan diri pada sejarah dan budaya suku Minangkabau, suku Mentawai dan suku Nias. Museum ini memiliki 6.000 koleksi, dengan gaya arsitektur bangunannya berbentuk rumah adat Minangkabau (Rumah Gadang), model Gajah Maharam, serta di halaman depan museum terdapat dua lumbung padi.
Di kawasan pelabuhan Muara banyak dijumpai beberapa bangunan peninggalan sejak zaman Belanda, beberapa bangunan di kawasan tersebut ditetapkan pemerintah setempat sebagai cagar budaya, diantaranya Masjid Muhammadan bertarikh 1843, merupakan masjid berwarna hijau muda yang dibangun oleh komunitas keturunan India, Klenteng Kwan Im yang bernama See Hin Kiongtahun 1861 kemudian direnovasi kembali tahun 1905 setelah sebelumnya terbakar. Dari sehiliranBatang Arau, terdapat sebuah jembatan yang bernama jembatan Siti Nurbaya. Jembatan itu menghubungkan sebuah kawasan bukit yang dikenal juga dengan nama Gunung Padang. Konon, pada bukit ini terdapat kuburan Siti Nurbaya. Kawasan bukit ini juga dahulunya menjadi tempat pemukiman awal masyarakat etnis Nias di kota Padang.

Konon kabarnya, di bukit yang kelihatan diatas yang disebut bukit gunung padang, disanalah Siti Nurbaya dan Syamsul Bahri dikubur, dan mungkin diakrenakan itu juga jembatan ini dinamakan jembatan siti nurbaya, karena menuju bukit dimana ada kuburan siti nurbaya.


Tarian Piring (Minangkabau: Tari Piriang) merupakan sebuah seni tarian milik orangMinangkabau yang berasal dari Sumatra Barat. Ia merupakan salah satu seni tarian Minangkabau yang masih diamalkan penduduk Negeri Sembilan keturunan Minangkabau.

0 komentar:

Posting Komentar



Stick-it notes
Locations of Site Visitors

Followers

Total Tayangan Halaman

Diberdayakan oleh Blogger.

About Me

Foto Saya
Findi Anarsi
SMA 12 JAKARTA. XI IPS 3
Lihat profil lengkapku

Guest Book


Myspace Drawing Pad at WishAFriend.com

visitors