ACEH

Sekarang kita bahas salah satu provinsi di INDONESIA yang ada di pulau Sumatera di bagian barat INDONESIA yaitu ACEH.



Aceh yang sebelumnya pernah disebut dengan nama Daerah Istimewa Aceh(1959-2001) dan Nanggroe Aceh Darussalam (2001-2009) adalah sebuah provinsidi Indonesia dan merupakan provinsi paling barat di Indonesia. Aceh memiliki otonomi yang diatur tersendiri, berbeda dengan kebanyakan provinsi lain di Indonesia, karena alasan sejarah. Daerah ini berbatasan dengan Teluk Benggala di sebelah utara, Samudra Hindia di sebelah barat, Selat Malaka di sebelah timur, danSumatera Utara di sebelah tenggara dan selatan.
Ibu kota Aceh ialah Banda Aceh. Pelabuhannya adalah Malahayati-Krueng Raya, Ulee Lheue, Sabang, Lhokseumawe dan Langsa. Aceh merupakan kawasan yang paling buruk dilanda gempa dan tsunami 26 Desember 2004 *sedih banget pas bencana alam ini. banyak korban jiwa karena musibah ini :(*. Beberapa tempat di pesisir pantai musnah sama sekali. Yang terberat adalah Banda Aceh, Aceh Besar,Aceh Jaya, Aceh Barat, Singkil dan Simeulue.
Aceh mempunyai kekayaan sumber alam seperti minyak bumi dan gas alam. Sumber alam itu terletak di Aceh Utara dan Aceh Timur. Aceh juga terkenal dengan sumber hutannya, yang terletak di sepanjang jajaran Bukit Barisan, dari Kutacane,Aceh Tenggara, Seulawah, Aceh Besar, sampai Ulu Masen di Aceh Jaya. Sebuah taman nasional, yaitu Taman Nasional Gunung Leuser (TNGL) juga terdapat diAceh Tenggara.
Suku Bangsa di Aceh
Provinsi Aceh memiliki 13 suku asli, yaitu: Aceh, Gayo, Aneuk Jamee, Singkil, Alas, Tamiang, Kluet, Devayan, Sigulai,Pakpak, Haloban,Lekon dan Nias.
Hasil sensus penduduk tahun 2000 menunjukkan hasil sebagai berikut: Aceh (50,32%), Jawa (15,87%), Gayo (11,46%), Alas (3,89%),Singkil (2,55%), Simeulue (2,47%), Batak (2,26%), Minangkabau (1,09%), Lain-lain (10,09%)

Pariwisata

  • Masjid Raya Baiturrahman
  • Graveyard in Bitay Village 
  • Cut Nya Dien House 
  • Indonesian Airline Monument. Seulawah-Indonesian First Airplane 
  • Tsunami Monument & Garden 
  • The Museum Aceh 
  • Taman Putroe Phang
  • Kuburan Kerkhoff
  • Danau Laut Tawar
  • Danau Aneuk Laot
  • Iboih


Ini salah satu keindahan alam dan juga tempat wisata yang ada di ACEH. Namanya Danau Aneuk Laot. Indah banget kaaaaaaaaaaaan...................
Terus ada juga MASJID RAYA BAITURRAHMAN
Megah banget yaaaaaaaaaaa.................
Masjid Raya Baiturrahman adalah sebuah masjid yang berada di pusat Kota Banda Aceh. Masjid ini dahulunya merupakan masjidKesultanan Aceh.
Sewaktu Belanda menyerang kotaBanda Aceh pada tahun 1873, masjid ini dibakar, kemudian pada tahun1875 Belanda membangun kembali sebuah masjid sebagai penggantinya.
Mesjid ini berkubah tunggal dan dapat diselesaikan pada tanggal 27 Desember 1883. Selanjutnya Mesjid ini diperluas menjadi 3 kubah pada tahun 1935. Terakhir diperluas lagi menjadi 5 kubah (1959-1968).
Masjid ini merupakan salah satu masjid yang terindah di Indonesia yang memiliki bentuk yang manis, ukiran yang menarik, halaman yang luas dan terasa sangat sejuk apabila berada di dalam ruangan masjid tersebut. NAh tadi itu sejarah dari MASJID RAYA BAITURRAHMAN
ACEH juga ada banyak senjata tradisionalnya loh contohnya Rencong adalah senjata tradisional Aceh, bentuknya menyerupai huruf L, dan bila dilihat lebih dekat bentuknya merupakan kaligrafi tulisanbismillah. Rencong termasuk dalam kategori dagger atau belati (bukan pisau ataupun pedang).


Selain rencong, bangsa Aceh juga memiliki beberapa senjata khas lainnya, seperti siwahgeuliwang dan peudeueng.


Tarian
Provinsi Aceh yang memiliki setidaknya 10 suku bangsa, memiliki kekayaan tari-tarian yang sangat banyak dan juga sangat mengagumkan. Beberapa tarian yang terkenal di tingkat nasional dan bahkan dunia merupakan tarian yang berasal dari Aceh, seperti Tari Rateb Meuseukat dan Tari Saman.
Tarian Suku Aceh
§  Tari Laweut
§  Tari Likok Pulo
§  Tari Pho
§  Tari Ranup Lampuan
§  Tari Rapai Geleng
§  Tari Rateb Meuseukat
§  Tari Ratoh Duek
§  Tari Seudati
§  Tari Tarek Pukat

Tarian Suku Gayo
§  Tari Saman
§  Tari Bines
§  Tari Didong
§  Tari Guel
§  Tari Munalu
§  Tari Turun Ku Aih Aunen
Tarian Suku Lainnya
§  Tari Ula-ula Lembing
§  Tari Mesekat

                                                  

      


                                                  




                      tari saman



0 komentar:

Posting Komentar



Stick-it notes
Locations of Site Visitors

Followers

Total Tayangan Halaman

Diberdayakan oleh Blogger.

About Me

Foto Saya
Findi Anarsi
SMA 12 JAKARTA. XI IPS 3
Lihat profil lengkapku

Guest Book


Myspace Drawing Pad at WishAFriend.com

visitors